(0765) 822071,823970, 823458

Komplek Krakatau, PT. Chevron Pasific Indonesia, Duri - Riau

triangle

Sejarah

 

PROFIL SEKOLAH  PAUD CENDANA

1. SEJARAH SINGKAT TK CENDANA

               Pendidikan sangat penting artinya bagi kemajuan suatu bangsa dan Negara. Bertolak dari hal tersebut di atas, maka pada tahun 1974, Persatuan Ibu – ibu Bekasap (PIB) mendirikan TK yang bernama”TK Kencana” dengan jumlah murid 31 orang, dan tenaga pengajar 2 orang (Ibu Minarwati dan Ibu Cun), yang menempati teras sebuah rumah di kompleks Merapi PT.CPI Duri. 2 bulan kemudian di pindahkan ke sebuah porta camp di kompleks yang sama.

                 Berkat usaha dari ibu – ibu Bekasap (PIB), yang didukung sepenuhnya oleh pihak perusahaan CPI maka pada tahun itu (1974) dibangunlah gedung sekolah yang permanen dengan 3 ruang belajar di kompleks Merapi, yang dipimpin oleh Ibu Minarwati. Pada tahun 1979, ibu Minarwati (Kep-sek) pindah ke Bogor dan digantikan oleh ibu Ismawati sampai bulan Agustus 2009-2013 karena memasuki masa purnabakti (pensiun) di gantikan oleh ibu Anita Gustini Warti, M. M Pd, dan saat sekarang ini Kepala Sekolah yaitu Ibu Rismayeni M, S. Pd.

                Tanggal 12 September 1983, TK Kencana di integrasikan menjadi TK Cendana. Untuk mengantifikasi jumlah anak didik yang dari tahun ke tahun terus bertambah, maka pada tahun 1994, PT CPI berinisiatif untuk membangun gedung baru di komplels Krakatau, dengan fasilitas yang lebih lengkap dan memadai. Gedung ini terdiri dari : 10 ruang belajar, rumah jaga, aula, kolam ikan, dan ruangan-ruangan lainnya.

                 TK Cendana diserah terimakan dari PT.CPI ( Bpk.Parapat ) kepada Ketua Presidium YPC ( Bpk Johand Dimalouw ) tanggal 15 November 1996, disaksikan oleh Kakandepdikbud Kecamatan Mandau ( Bpk Aladin Yus ). Seiring dengan perjalanan waktu, tidak hanya gedung yang megah yang menjadikan andalan Cendana dalam mencapai misi.

              Tenaga pendidik yang diterimapun melalui seleksi yang sangat ketat, tentu semua bertujuan untuk memberikan yang terbaik kepada anak didik, sehingga prestasi demi prestasi yang dicapai oleh anak TK Cendana tidak hanya sebatas kecamatan Mandau, bahkan ada yang mencapai tingkat nasional, begitu juga dengan prestasi guru-gurunya. Sampai pada tahun pelajaran 2013/2014 TK Cendana telah menamatkan ± 4954 anak.

2. SEJARAH SINGKAT KB CENDANA DURI

              Pendidikan Anak Usia Dini adalah pendidikan yang cukup penting dan bahkan menjadi landasan kuat untuk mewujudkan generasi yang cerdas dan kuat. Kelompok Bermain merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

             Pada Tahun 2000 Kelompok Bermain Cendana Duri didirikan oleh Ibu – ibu Chevron ( PICD ) yang bernama “ Tunas Bangsa “ beralamat di komplek Merapi gedung mesjid Ushuluddin lama . Pada tanggal 1 April 2006 , KB Tunas Bangsa diambil alih oleh Yayasan Pendidikan Cendana , anak – anak masih belajar di gedung yang lama . Pada tanggal 1 Juni 2006 , KB Cendana Duri sudah berpindah ke gedung yang baru yaitu di TK Cendana Duri yang beralamat di Komplek Krakatau PT CPI Duri . Jumlah murid pada waktu itu sebanyak 52 anak dengan pembagian kelas yaitu Kelompok A : 25 anak dengan 2 orang guru dan Kelompok B : 27 anak dengan 2 orang guru . 

             Pada setiap Pendaftaran Peserta Didik Baru ( PPDB ) , KB Cendana Duri selalu diminati oleh para orang tua murid . Pada tahun Pelajaran 2014 / 2015 murid KB Cendana Duri berjumlah 39 anak . Sampai pada tahun 2013 / 2014 , KB Cendana Duri sudah menamatkan ± 150 anak .